Minggu, 13 Juni 2010

Analisa Kandungan Kadar Tanin Pada Beberapa Teh

Banyak rumor mengenai minman teh yang berkembang dimasyarakat. Salah satunya adalah, teh berpotensi menjadi penyebab Anemia karena di sinyalir mampu mengabsorpsi mineral makanan sebagai pembentuk zat besi. Hal ini dikaitkan dengan peranan Tanin yang terdapat dalam kandungan teh. Mineral makanan sebagai salah satu pembentuk zat besi bila bila bereksi dengan tanin akanmembentuk ikatan komplek yang tidak larut dalam sistem pencernaan, akibatnya mineral makanan tidak berfungsi lagi dan akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses (tinja).

Lalu apa sebenarnya tanain itu?. Tanin adalah senyawa komplek yang merupakan bagian dari Polypenol, yang sering dihubungkan sebagai pemberi rasa pada minuman wine (anggur) sebagai astrigency (Cornel Agency). tanin juga memiliki kekuatan untuk mengikat protein yang banyak diterjemahkan sebagai mengabsorpsi sari makanan.

Ketika teh diseduj maka muncul aroma seduhan teh yang khas sebagai pembawa salah sifat tanin yang berasal dari katekin serta flavonoid lain yang terdapat pada teh. DR Deddy Muchtadi, Kepala Lab Biokimia Pangan dan Gizi IPB menyebutkan bahwa " kalau anda minum teh, selain menyegarkan juga ada rasa sepet. Nah rasa sepet inilah karena pengaruh zat tanin di dalam teh yang bereaksi dengan protein mukosa di mulut" katanya

Bersama thearubigin, tanin juga memberi sifat warna yang sangat kuat pada seduhan teh. Bila terkena baju sanagt sulit dihilangkan. Plak yang tertinggal dalam bentuk karat pada bekas seduhan terh seperti teko, pporselin dan sebagainya merupakan sebagian dari contoh kekuatan warna pada seduhan teh. 

Uji Coba dengan Bayclean.
Bayclean dikenal sebagai pemutih yang banyak digunakan untuk membersihkan kotoran pada pakaian. Dalam hal ini kita mau membuktikan seberapa kekuatan sintesa warna yang dihasikan dari seduhan teh.
Tahap 1.
Melakukan seduhan teh dari 4 Model Merk, baik teh hitam, teh hijau ektrak serta teh hitam Mind Tea.
Tahap 2.
Seduhan teh kemudian di tuangkan pemutih Bayclean diamkan selama 7-10 menit.
Tahap 3.
Terlihat air seduhan teh mulai memisah, pada bagian bawah seduhan teh hitam model 1 berwarna putih jernih sedang bagian atas seduhan merah kecoklatan.Model 2 yaitu seduhan teh hijau ekstrak terlihat keruh. Model 3 Teh hijau cenderung kemerahan merata tanpa adanya pemisahan yang tegas. Sementara pada model 4,tampak keruh meski tidak menimbulkan warna seduhan berwarna kemerahan. Pada Teh Hitam Mind Tea yang diseduh pad uhu dispenser, seduhan kembali normal seperti air putihbiasa, namun pada suhu tinggi masih terlihat warna kekuningan yang transparan.

Analisa.
1. Pada model 1,2,3 dan 4 terlihat kekuatan warna hasil seduhan teh telah membentuk ikatan yang komplek sehingga zat pemutih Bayclean tidak mampu mengurai, memecah atau menetralisir zat warna yang dihasilkan. Berbeda dengan seduhan teh hitam Mind Tea warna seduhannya mengalami perubahan cepat menuju kewarna netral setelah diberikan Bayclean. Hal ini membuktikan bahwa seduhan Mind Tea tidak membentuk ikatan komplek sehingga mampu di netralisir menjadi seduhan air yang jernih.
2. Hal ini terjadi karena bahan baku Teh Hitam Mind Tea merupakan teh dengan bahan baku tunggal, sedangkan yang lain merupakan bahan baku campuran. Sebagaimana kita ketahui bahwa selain tanin, pemberi pengaruh warna pada teh adalah thearubigin dan pemberi pengaruh perubahan warna yang cepat juga terdapat pada jenis grade rendahan, dan jenis yang banyak dipakai adalah grade yang dikenal sebagai "dust". Grade ini memiliki ekstraksi warna yang cepat pada kualitas seduhan teh, karena memang mengalami over oksidasi dan kekeruhan warna merupakan repleksi dari kadar tanin juga kualitas bahan baku.
3. Bila kekuatan warna seduhan teh merupakan repleksi kekuatan tanin, maka bisa diambil suatu hipotesa bahwa kadar tanin pada teh Hitam Mind Tea berada pada kisaran rendah dan tidak membentuk ikatan yang komplek.
4. Teh hitam Mind Tea tidak meiliki relevansi dengan kadar penyerapan sari makanan sebagai pembentuk zat besi. Dengan kata lain teh hitam Mind tea memiliki tingkat absorbsi terhadap sari makanan rendah, sehingga teh hitam Mind Tea aman dikonsumsi sehabis makan begitu juga bagi para ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Catatan, Untuk mengendalikan obesitas, maka disarankan untuk mengkonsumsi teh hitam Mind Tea sebelum makan,

Tidak ada komentar: