Minggu, 08 November 2009

Efek Positif Teh Hitam Mind Tea menurut Prof DR Dr Dede Kusmana SpJP,FIHA,FASCC



KATEKIN yang terkandung pada daun teh membantu mencegah dan mengurangi terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Sebagai Ketua kolegium PERKI ; Prof  DR Dr Dede Kusmana SpJP,FIHA,FASCC.selain sibuk dengan aktifitasnya sebagai dokter spesialis , beliau masih menyempatkan diri untuk lebih dekat dengan sang khalik.Ini terlihat dari kepasrahan beliau dalam menjalankan ketentuan yang diberikanNya dan selalu bergantung secara total kepadaNya merupakan kunci keberhasilan . Itulah sepenggal kalimat yang terucap dari beliau disela-sela perbincangan mengenai manfaat Teh untuk kesehatan.
    Demikian juga dengan kehidupan ini yang bersumber dari air. Air merupakan sumber kehidupan setiap makhluk yang ada dimuka bumi ini , bahkan dalam kitab suci Alquran pun tertulis “ Dari air asal kehidupan “.

Kehidupan yang baik adalah sehat , untuk itu perlu air yang mengandung unsur kesehatan.    Bagaimana caranya untuk mendapatkan air dengan unsur sehat? ya tambahkan saja katekin.
Katekin ini terdapat dalam daun teh dan merupakan senyawa dominan dari polifenol yang ada pada teh yang terdiri dari unsur Epikatekin , Epikatekin galat , Epigallokatekin gallat , katekin dan Gallokatekin.

Beberapa sumber penelitian menjelaskan bahwa katekin memiliki kemampuan menangkap radikal bebas 100 kali lebih efektif dibanding Vit C dan 25 kali dari Vit E.

Dalam sebuah penelitian kerjasama antara Dept Kardiologi dan Kedokteran Vascular FKUI de ngan Fak Kedokteran Hewan IPB terhadap tikus dan kelinci yang diberi pakan yang mengan-dung lemak tinggi dan untuk kelinci diberi pakan tambahan yaitu teh hijau. Dalam tempo 12 minggu terjadi penyempitan pembuluh darah pada kedua binatang tersebut , tapi pada kelinci yang diberi pakan tambahan teh hijau tidak mengalami pe nyempitan yang berarti. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa katekin yang terkandung pada daun teh membantu mencegah dan mengurangi terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Proses penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) dapat terjadi juga pada manusia dan jika ini terjadi pada pembuluh darah Jantung dikenal dengan nama Penyakit  Jantung Korener (PJK), Otak disebut Stroke dan Organ Vital disebut Disfungsi ereksi.
Seperti keterangan sebelumnya bahwa daun teh yang memang mengandung katekin dapat membantu dan mengurangi terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dan ini merupakan bukti dari suatu hasil penelitian.

Oleh karena itu tentunya anda dan kita setuju mengkonsumsi katekin yang terkandung pada minuman segar yaitu teh merupakan usaha pencegahan proses aterosklerosis.

Dalam penelitian lebih jauh Katekin ini bersifat multifungsi yaitu sebagai anti oksidant, anti radang , anti proliperasi (penggandaaan) sel, anti agregasi (pengelompokan), menurunkan kadar kolesterol LDL jahat, menurunkan kadar Lpa (faktor trombosis) dan melebarkan (vasodilatasi) pembuluh darah melalui pembentukan Nitrit Oksida.

Jadi jelas terlihat manfaat Teh hitam maupun teh hijau pada manusia begitu besar dari menurunkan faktor resiko PJK , Stroke , Diabetes sampai kebutaan. Mencegah kanker prostate dan usus besar, gigipun menjadi kuat.

Jadi minumlah teh yang baik seperti teh hitam minimal 3-4 gelas  sehari, ini membantu anda untuk mencegah dan mengurangi terjadi ber bagai penyakit seperti dijelaskan diatas. Healthy Guide News

Tidak ada komentar: